Pengobatan dan Cara Mengatasi Abses Otak

 

Tahukah kamu apa itu abses otak? Dilansir dari hellosehat.com abses otak adalah sebuah kondisi di mana terbentuk ruang kecil berisi nanah di otak. Menurut alodokter.com abses otak adalah infeksi bakteri yang mengakibatkan penimbunan nanah di dalam otak. Ini juga akan mengakibatkan pembengkakan pada organ tersebut. Penyakit ini adalah kondisi yang dapat terjadi setelah bakteri atau jamur masuk ke jaringan otak akibat cedera kepala atau infeksi pada jaringan lain.sistem imun, otak dan lapisan jaringan seikitar membantu melindungi otak dari infeksi. Tentunya ini adalah penyakit yang menjadi momok bagimu. Oleh karena itu kamu harus mengetahui cara mengatasi abses otak agar jika kamu mengalami gejalanya dapat diatasi dengan cepat.

Abses otak adalah kondisi yang jarang dan dapat terjadi pada semua usia, namun akan lebih tinggi berisiko menderita penyakit ini pada orang dengan usia tiga puluh sampai empat puluh lima tahun. Risikonya akan semakin meningkat jika terjadi bersamaan dengan trauma kepala, diabetes, kanker, penyakit berat, penyalahgunaan obat dan infeksi pada wajah, hidung, mata dan telinga.

READ  Apa Itu Penyakit Acanthosis Nigricans?

Pada penyakit yang serius ini, sudah seharusnya kamu mengenali gejala dan penyebab agar dapat langsung diatasi jika kamu terjangkit gejalanya. Lalu apa saja gejala dari abses otak ini? Gejala yang paling umum terjadi adalah demam, sakit kepala dan masalah yang berhubungan dengan sistem saraf. Gejala lainnya adalah kamu sering bingung, sulit bergerak dan berkomunikasi dan mengalami disorientasi. Apa penyebabnya? Menurut alodokter.com penyebab utama abses otak adalah adanya infeksi bakteri atau jamur yang masuk ke dalam jaringan otak, ini dikarenakan sistem daya tahan tubuh tidak dapat melawannya. Dalam kasus tertentu, kuman dapat masuk melalui pembuluh darah dan menyerang otak. Infeksi yang masuk ke dalam otak akan terkumpul di jaringan otak dan membentuk gumpalan nanah. Terdapat beberapa faktor yang membuat seseorang memiliki risiko yang tinggi terjangkit penyakit ini, seperti memiliki riwayat infeksi pada telinga bagian tengah, sinusitis, penyakit jantung bawaan dan HIV/AIDS, sistem imun yang lemah, penyakit jantung kongenital dan obat yang menganggu sistem imun. Meningitis juga dapat menjadi faktor risiko tingginya kamu terserang penyakit abses otak. Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Selain itu, orang yang mengalami cedera kepala berat atau patah tulang tengkorak, pernah melakukan transplantasi organ dan sedang menjalani kemoterapi mendapat risiko penyakit yang cukup tinggi.

READ  Mengenal Penyakit Abses Otak

Lalu bagaimana cara mengatasi abses otak ini? Cara mengatasi abses otak yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan pengobatan. Kamu dapat mengonsumsi antibiotik, operasi drainase abses atau metode mengangkatan abses otak lainnya. Untuk komplikasi operasi seperti kondisi yang memburuk, stroke dan infeksi, kamu dapat mengobatinya dengan mengonsumsi banyak air dan obat antibiotik. Jika jamur menyebabkan abses otak, kamu memerlukan obat khusus untuk mengatasinya.

Itulah hal yang dapat kamu ketahui tentang pengobatan dan cara mengatasi abses otak. Kamu dapat mengobah gaya hidup dan melakukan pengobatan di rumah untuk mengatasi penyakit ini. Jangan malas untuk mengonsumsi obat secara rutin dan menghabiskan obat yang diberikan. Kamu juga harus taat pada jadwal pemeriksaan seperti kontrol dokter dan CT scan atau MRI untuk memastikan penyakit sudah sembuh. Jangan sepelekan gejala yang terjadi pada dirimu dan berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

READ  Achalasia Adalah Penyakit Kerongkongan

 

Sumber: hellosehat.com