Macam macam dokter gigi

Beberapa orang sering sekali memiliki masalah pada sakit gigi , bahkan sakit gigi itu merupakan sakit yag paling umum dimasyarakat Indonesia . banyak sekali masalah pada sakit gigi dikarenakan tidak menjaga kesehatan mulut dan gigi . membiarkan plak plak makanan berada di sela sela gigi dan gusi sampai menumpuk bakteri dalam gigi dan bau tidak sedap sehingga menyebabkan sakit gigi . Kurangnya pembersihan gigi jika kamu menggunakan kawat gigi juga dapat bakteri menumpuk dan menimbulkan sakit gigi juga . jika kita sakit gigi pengobatanya pun ada 2 dengan cara pengobatan alami atau pengobatan dokter . pengobatan alami dengan menggunakan bahan bahan yang ada dirumah dan mudah dibuat . pengobatan dokter gigi biasanya menambal , mencabut atau scaling gigi  . tahukah kamu bahwa dokter gigi memiliki spesialisnya sendiri ? apakah tugas mereka sama ? dilansir dari liputan.com ada spesialisasi dokter giginya ada 7 spesaliasasinya , sebagai berikut :

  1. Pedodontist , Sp.KGA atau spesialis kedokteran gigi anak
READ  Gejala Acrophobia dan Cara Mengobatinya

Sesuai dengan namanya dokter ini menangani penyakit gigi untuk anak anak , pedodontis akan melakukan pencegahan dan perawatan semua kelainan dan penyakit pada gigi dan mulut anak secara lengkap . anak yang normal maupun anak dengan berkebutuhan khusus sama saja ditangani oleh pedodontist .

  1. Endodontis ,Sp.KG atau spesialis konservasi gigi

Dokter ini menangani perawatan secara estetiika dan dokter akan melakukan pencegahan dan penanggulangan karies pada gigi , restorasi , kosmetik gigi , perawatan endodontic konvensional dan bedah .

  1. Oral surgeon, Sp.BM atau specialist bedah mulut

Dokter ini menangani pembedahan pada mulut seperi mencabut gigi atau operasi bibir sumbing karena memang tugasnya adalah melakukan pembedahan . dokter ini khusus karena hanya bisa melaksanakan tugasnya ketika sudah mendapat gelar Sp.BM

  1. Oral medicine , Sp.PM atau specialist penyakit mulut
READ  Mengenal Penyakit Abses Otak

Dokter ini bertugas untuk melayani pasien untuk perawatan mulut akibat bakteri dan jamur , halitosis atau bau mulut , dan perawatan sendi dan perawatan pada rahang .

  1. Prosthodontist , Sp.Prost atau spesialis prosthodonsi atau ahli gigi turunan

Dokter ini memiliki tugas yang hanya dokter ini yang bisa melakukan nya berbeda dengan dokter gigi umum . khusus dokter ini bertugas melakukan pergantian gigi yang hilang dengan membuat gigi tiruan dan perawatan sendi.

  1. Periodontist Perio atau spesialis periodonsi atau ahli jaringan penyangga gigi

Dokter gigi pada spesialis ini akan melakukan perawatan penyakit atau seperti kelainan gusi dan jaringan penyangga terhadap gigi .

  1. Ordontist ,Sp.Ort atau ahli meratakan gigi
READ  PENYAKIT GANGGUAN JIWA DAN DOKTER SPESIALIS JIWA

Tugas dokter ini sesuai dengan namanya yaitu untuk meratakan gigi , tetapi sebelum diratakan kita harus memeriksakan keadaan gigi kepada dpkter ini dan dokter bergelar Sp.Ort ini akan memberikan perawatan konvensional dan radikal pada maloklusi ringan dan sampai yang berat .

Dilansir  dari hellosehat ada istilah dokter gigi dan ortodontis sebenarnya apasih bedanya ? ordonti adalah bidang pada kedokteran gigi yang khusus mempelajai estetika posisi gigi , rahang dan wajah serta fokus menangani memperbaiki posisi gigi . sedangkan dokter gigi bisa dibilang mirip dengan dokter umum . dokter gigi akan mengambil spesialistnya masing masing dan kalian periksakan kesehatan gigi dan masalah gigi sesuai dokter gigi dengan spesialisnya yang sudah dijelaskan diatas .

 

Sumbergambar:halodoc.com